Manfaat Teh Hijau

Manfaat teh hijau memang banyak orang-orang gunakan untuk berbagai keluhan kesehatan hingga meningkatkan aura kecantikan. Pamornya memang semakin terkenal seiring dengan makanan dan minuman yang menggunakan bahan tersebut sebagai campurannya.

Sejarah Teh Hijau

Teh hijau sebenarnya sudah lama berada di Indonesia namun baru saja terkenal secara luas seiring dengan meningkatnya popularitas kuliner asal Jepang. Faktor penentu reputasinya semakin melejit yakni hasil penelitian menunjukkan jika green tea ini memang memiliki banyak manfaat.

Sejarah teh hijau sebenarnya berasal dari Negara China yang sudah lama menggunakannya sebagai bahan utama untuk pengobatan sejak 4000 tahun lalu. Tahun 1995, sebuah jurnal membuktikan bahwa green tea efektif menghindarkan pemakainya dari resiko kanker.

Sejarah China pun menyebutkan bahwa teh hijau menjadi minuman utama sejak 2700 tahun yang lalu sebelum Masehi pada Dinasti Kaisar Shen Nung. Sementara di Jepang sendiri, tradisi minum teh hijau baru ada sekitar abad ke-6 Masehi sekaligus memperkenalkan teh hijau bentuk bubuk atau matcha.

Kandungan Gizi Teh Hijau

Kandungan gizi yang terkenal di dalam teh hijau adalah zat antioksidan sebagai alasan utama mengapa minuman ini seringkali menjadi pengobatan khususnya bagi masyarakat China. Beberapa contohnya antara lain asam amino, enzim dan polifenol untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Teh hijau juga mengandung beberapa mineral seperti mangan, magnesium dan potassium serta vitamin B, folat dan juga kafein. Tidak heran jika minuman ini memang memiliki tinggi manfaat bagi kesehatan. Green tea semakin populer seiring dengan banyaknya variasi olahan produk saat ini.

Teh hijau terkenal menjadi salah satu jenis minuman sehat di seluruh penjuru dunia. Asalnya yakni tanaman Camellia Sinensis yang mempunyai daun tidak teroksidasi sehingga memiliki kandungan polifenol dan antioksidan lebih tinggi jika Anda bandingkan dengan jenis teh lainnya.

Manfaat Teh Hijau

Manfaat Teh Hijau
id.pinterest.com by ligadosnasdicas.com.br

Dengan kandungan polifenol dan antioksidan yang tinggi, banyak orang percaya bahwa teh hijau memiliki manfaat kesehatan maupun kecantikan. Anda pun bisa mengonsumsinya secara rutin terutama jika sedang terserang suatu penyakit.

1. Mencegah Obesitas

Teh hijau adalah minuman alami yang bermanfaat untuk mencegah seseorang dari resiko kelebihan berat badan. Bahkan green tea seringkali menjadi rekomendasi utama bagi siapapun sedang menjalani program diet.

Mengonsumsi teh hijau sebelum melakukan aktivitas fisik efektif mampu membakar lemak 17% lebih banyak daripada tidak meminumnya. Minuman ini pun juga terbukti ampuh membasmi lemak jenis abdominal yang termasuk ke dalam kelompok berbahaya karena memicu datangnya penyakit.

2. Mencegah Diabetes dan Penyakit Jantung

Sebuah penelitian di Jepang telah menunjukkan bahwa teh hijau mempunyai khasiat untuk menurunkan kadar gula di dalam darah sehingga berguna mencegah resiko terjadinya diabetes. Studi ini menyarankan bagi penderita penyakit tersebut agar mengonsumsi secara rutin.

Selain itu, teh hijau juga mempunyai kandungan yang berperan penting pada kesehatan jantung. Mengonsumsi secara rutin akan membuat Anda bisa terhindar dari resiko penyakit kardiovaskuler dan stroke. Hal ini karena kandungan antioksidan di dalamnya mampu memerangi kolesterol jahat.

3. Menurunkan Resiko Kanker

Penyebab kanker adalah pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan terkenal menjadi penyakit paling tinggi menyebabkan kematian di dunia. Sebuah jurnal di Free Radical Biology F Medicine menunjukkan jika kerusakan oksidatif akan menyebabkan gangguan kronis termasuk kanker itu sendiri.

Salah satu sumber antioksidan yang bisa Anda dapatkan adalah dari minuman teh hijau. Sebuah studi dari Breast Cancer Research dan Treatment Journal menjelaskan bahwa perempuan memiliki resiko 30% lebih rendah terkena kanker payudara setelah meminumnya secara rutin.

4. Mengobati Jerawat

Tidak hanya bermanfaat pada kesehatan saja, mengonsumsi teh hijau juga memiliki efek positif untuk kecantikan. Salah satunya yakni mampu mengobati jerawat karena kandungan katekin bersifat anti bakteri sehingga efektif mengendalikan ketidakseimbangan hormon serta meredakan peradangan.

Sebuah penelitian olah Journal of Investigative Dermatology menunjukkan bahwa teh hijau mengandung EGCG atau epigallocatechin gallate yang efektif mengatasi jerawat. Tidak heran jika banyak produk kecantikan menjadikannya sebagai campuran atau bahkan bahan utamanya.

5. Mengatasi Mata Panda

Kantung mata karena kurang tidur dan dehidrasi memang membuat orang-orang merasa tidak percaya diri. Namun ternyata, Anda bisa memanfaatkan teh hijau untuk mengatasi masalah ini karena adanya kandungan antioksidan dan tanin di dalamnya mampu mencerahkan kulit secara menyeluruh.

Penelitian oleh Medical College of Georgia di tahun 2003 menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau mampu meningkatkan elastisitas kulit wajah, detoks bakteri dan racun secara alami dan mengatasi peradangan. Selain itu juga dapat menghilangkan noda luka membekas pada kulit wajah.

Memang sudah banyak orang yang mengetahui apa saja manfaat teh hijau terutama kandungan antioksidannya. Anda pun bisa mengonsumsinya secara rutin guna meningkatkan kesehatan. Kunjungi globalnava.com untuk membelinya dari berbagai varian dan harga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.