Teh Hijau untuk Diet

Green tea memang terkenal sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya yakni efektif membantu program diet atau menurunkan berat badan. Atas dasar ini, tidak sedikit orang akhirnya mencari informasi mengenai kebenaran teh hijau untuk diet agar benar-benar efektif.

Manfaat Teh Hijau untuk Diet

Manfaat teh hijau untuk diet sudah terbukti dari beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa jenis ini memiliki kandungan guna menurunkan berat badan. Beberapa diantaranya seperti antioksidan, flavonoid hingga katekin.

1. Memiliki Kandungan Senyawa yang Bermanfaat

Kandungan teh hijau yang paling menjadi andalan adalah molekul antioksidan. Salah satu jenisnya adalah EGCG atau epigallocatechin gallate tergolong ke dalam kelompok katekin. Senyawa ini efektif mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh.

Sebuah penelitian lain juga menunjukkan bahwa kandungan katekin yang ada pada teh hijau memiliki kemampuan untuk mengobati sindrom metabolik seperti obesitas dan dan diabetes melitus. Bahkan salah satu studi membuktikan jika senyawa tersebut mempunyai efek positif manajemen berat badan.

2. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Manfaat teh hijau lainnya yakni mampu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Hal ini karena adanya kandungan kafein serta katekin yang mana keduanya tergolong sebagai golongan antioksidan.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan jika metabolisme hasil konsumsi ekstrak teh hijau bisa meningkat hingga 4% lebih tinggi. Ada juga studi lain menunjukkan bahwa peningkatan mencapai sampai 8%.

3. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Katekin yang ada pada teh hijau akan membantu pembakaran lemak berlebih sementara kandungan kafein bisa meningkatkan energi di dalam tubuh. Mekanisme ini terjadi lebih efektif dan optimal jika Anda melakukannya dengan olahraga.

Penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition telah menunjukkan bahwa seorang pria yang mengonsumsi teh hijau sebelum olahraga mengalami pembakaran lemak hingga 17% lebih tinggi daripada orang tidak meminumnya. Hal ini juga didukung oleh molekul antioksidan khususnya EGCG.

Jenis Teh Hijau untuk Diet

Perlu Anda ketahui bahwa minuman satu ini sebenarnya terdiri dari beberapa jenis berdasarkan waktu fermentasinya. Dari banyaknya varian, teh hijau terkenal lebih efektif untuk menurunkan berat badan, berikut contohnya:

1. Teh Hijau Sencha

Teh Hijau untuk Diet
id.pinterest.com

Sencha adalah jenis teh hijau dari Jepang yang tidak melewati proses penggilingan. Antioksidan di dalam minuman ini sebenarnya bisa membantu mencegah dari resiko terkena penyakit jantung koroner. Sementara kandungan polifenol berguna untuk menyerap kolesterol jahat.

Sebuah penelitian menunjukkan jika teh Sencha ini mampu bekerja efektif untuk mengontrol kadar gula darah. Hal ini membuktikan bahwa jenis teh hijau satu ini memang memiliki efektivitas dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang menjalankan program diet.

2. Teh Hijau Matcha

Teh Hijau untuk Diet
id.pinterest.com

Matcha sendiri merupakan teh hijau dalam bentuk bubuk yang berasal dari tanaman Camellia sinensi. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi minuman ini secara rutin mampu menurunkan berat badan. Penelitian ini menggunakan 60 orang obesitas selama 12 minggu dan BB menurun 3,3 Kg.

Dalam setiap satu cangkir teh hijau matcha sekitar 150 ml mampu membantu peningkatan pembakaran lemak sekitar 25 kalori. Dengan meminumnya secara rutin, hormone leptin pada tubuh akan lebih terkontrol sehingga nafsu makan cenderung terkendali guna membantu program diet.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai manfaat dan jenis dari teh hijau untuk diet. Ada banyak kandungan bermanfaat di dalamnya sehingga efektif membantu program penurunan berat badan. Anda pun bisa membelinya langsung dengan mengunjungi globalnava.com dari berbagai varian dan harga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.