Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan
id.pinterest.com

Tanaman ini memang sudah terkenal dengan khasiatnya sehingga banyak orang menjadikannya sebagai minuman sehari-hari. Manfaat teh hijau untuk kesehatan mampu menurunkan resiko terkena penyakit seperti diabetes dan kanker serta memiliki khasiat pada kecantikan dan perawatan kulit wajah.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Tidak ada salahnya jika Anda ingin merasakan manfaat teh hijau dengan mengonsumsinya secara rutin. Namun kesehatan pun juga dipengaruhi oleh faktor lain terutama gaya hidup seperti tidak merokok, tidur cukup hingga berolahraga. Berikut ini beberapa khasiatnya:

1. Meningkatkan Pembakaran Lemak dalam Tubuh

Bagi Anda yang pernah melihat komposisi suplemen program diet, kemungkinan terkandung ekstrak teh hijau pada minuman tersebut. Hal ini memang sudah menjadi salah satu manfaatnya. Kandungan tersebut mampu meningkatkan pembakaran lemak sekaligus mempercepat sistem metabolisme.

Sebuah jurnal dari National Library of Medicine menyebutkan bahwa kafein yang terkandung di dalam teh hijau pun efektif meningkatkan kinerja fisik. Proses ini berjalan dengan mobilisasi asam lemak dari jaringan lemak sehingga membuatnya bersedia diubah menjadi energi.

2. Menurunkan Resiko Kanker

Antioksidan yang terkandung pada produk minuman teh hijau akan membantu tubuh mendapat perlindungan dari kerusakan oksidatif. Hasil studi dari Oxford Academic menunjukkan bahwa pria telah mengonsumsinya memiliki resiko terjangkit kanker prostat lebih rendah.

Sementara penelitian dari Oncotarget menunjukkan jika mereka yang mengonsumsi teh hijau memiliki resiko 42% lebih kecil terkena kanker kolorektal. Banyak studi menyatakan bahwa peminum green tea memang mempunyai kemungkinan rendah untuk menderita penyakit tersebut.

Baca juga :

Manfaat Teh Hijau

3. Melindungi Otak dari Resiko Penuaan

Manfaat teh hijau berikutnya yakni mampu memberikan perlindungan otak dari resiko penuaan dalam jangka pendek seiring dengan bertambahnya usia. Sebuah penelitian oleh National Institute of Aging bahwa penyakit Alzheimer memang seringkali kalangan lansia alami sebagai penyebab demensia.

Selanjutnya, beberapa penelitian menerangkan bahwa kandungan katekin yang ada pada teh hijau pun mampu memberikan efek perlindungan terhadap neuron di dalam otak. Hal ini akan menurunkan resiko demensia pada berbagai kalangan khususnya lansia.

4. Membuat Tubuh Jadi Lebih Rileks

Perlu Anda pahami bahwa minum teh akan membantu seseorang untuk merasa lebih rileks. Bahan kimia alami di dalamnya berupa theanine memang memberikan efek menenangkan. Tentu hal ini terasa bermanfaat ketika sedang merasakan cemas, gugup atau perasaan kurang enak lainnya.

Jadi salah satu manfaat minum teh hijau adalah membuat tubuh menjadi lebih rileks. Tipsnya, jangan menyeduhnya langsung ke air mendidih karena cara ini justru kurang baik pada senyawa katekin. Lebih baik, seduhlah pada suhu sekitar 70 – 75⁰C. Tambahkan juga lemon agar katekin mudah diserap.

5. Mengurangi Resiko Stroke dan Serangan Jantung

Manfaat teh hijau adalah mengurangi resiko stroke dan serangan jantung. Sudah banyak literatur yang membuktikan bahwa minuman ini memang memiliki dampak positif pada kesehatan jantung. Sebuah studi dari Healthline menemukan bahwa penurunan hampir 20 – 35% lebih rendah bagi peminumnya.

Mereka yang meminum teh hijau empat atau lebih setiap harinya mengalami 35% resiko serangan jantung dan peningkatan kolesterol lebih rendah. Studi lain pun juga menyebut bahwa gula darah akan terkontrol akibat kandungan di dalam minuman tersebut.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan sebenarnya cukup banyak yang bisa Anda rasakan. Jika tertarik membelinya, cobalah kunjungi globalnava.com dalam berbagai harga dan variannya. Merknya pun beragam sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pemakaiannya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.