Teh Hijau dan Madu
id.pinterest.com

Minuman ini memang memiliki banyak manfaat sehingga Anda bisa saja mencampurnya dengan bahan lain untuk menambah rasa atau meningkatkan khasiatnya. Salah satu inspirasinya adalah teh hijau dan madu. Keduanya sama-sama mempunyai berbagai efek positif bagi kesehatan. 

Manfaat Teh Hijau dan Madu 

Teh hijau merupakan minuman dengan kandungan antioksidan tinggi hingga senyawa bermanfaat lainnya. Begitu pun pada madu sebagai pemanis alami memiliki khasiat cukup banyak sehingga jangan ragu untuk mencampurkan keduanya. Berikut ini beberapa manfaat dari campuran tersebut.

1. Meningkatkan Fungsi Otak 

Salah satu manfaat dari teh hijau adalah menjaga ketajaman daya ingat untuk berbagai kalangan terutama lansia sehingga mampu menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer. Selain itu, minuman ini juga efektif meningkatkan sekaligus menjaga fungsi otak karena adanya kandungan katekin. 

Katekin pada teh hijau berfungsi sebagai stimulan sehingga mampu menjaga kesehatan otak. Minuman ini juga memiliki kandungan kafein dalam jumlah sedikit sehingga tidak akan mengganggu kerja neuron dan juga konsentrasi neurotransmitter seperti pada norepinephrine dan dopamine.

Baca juga : Manfaat Teh Hijau

2. Meningkatkan Pembakaran Lemak 

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet dan mengandalkan minuman ini untuk membantu efektifitasnya, maka konsumsi teh hijau dengan campuran madu menjadi salah satu alternatifnya. Keduanya terbukti mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sekaligus membakar lemak. 

Sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 10 pria sehat telah mengonsumsi ekstrak teh hijau terbukti membakar kalori dalam tubuh sebesar 4%. Namun kondisi ini tidak selalu sama pada semua orang sehingga keadaan dan kesehatan masing-masing individu memberikan pengaruh besar.

3. Mengurangi Resiko Kanker 

Kanker sendiri terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak terkendali oleh hasil produksi secara berlebihan di dalam tubuh. Banyak peneliti mengatakan bahwa proses kerusakan oksidatif juga menjadi salah satu dari penyebab inflamasi kronis hingga menyebabkan gangguan kesehatan kanker ini. 

Campuran antara teh hijau dan madu terbukti mempunyai kandungan antioksidan cukup tinggi. Bahkan para peneliti pun sudah menghubungkan antara konsumsi  gabungan keduanya dengan penurunan kemungkinan terjangkit kanker prostat, kanker payudara hingga kanker kolorektal.

4. Mencegah Diabetes dan Penyakit Kardiovaskuler 

Diabetes tipe 2 saat ini memang semakin banyak penderitanya. Gula darah pada tubuh pasien akan mengalami peningkatan hingga berujung pada resistensi insulin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau efektif mampu meningkatkan sensitivitas hormone insulin dan mengontrol gula. 

Penyakit kardiovaskular mencakup gangguan jantung dan stroke dimana sangat berbahaya apabila terjadi pada tubuh seseorang. Namun beberapa peneliti menunjukkan bahwa gabungan antara teh hijau dan madu mampu menurunkan lonjakan kolesterol karena kandungan antioksidan yang tinggi.

Baca juga : Teh Hijau untuk Diet

Resep Teh Hijau Madu

Teh Hijau dan Madu
id.pinterest.com

Banyak jenis madu di pasaran. Salah satunya yakni Madu Manuka untuk Anda campur bersama teh hijau. Rasanya tidak begitu manis dan pahit sehingga cocok apabila meminumnya bersama. Ada juga Madu Akasia memiliki rasa ringan dan sedikit aroma vanilla. Berikut resep membuatnya: 

Anda bisa mencoba resep teh hijau dan madu di atas karena manfaat kedua bahan tersebut sangatlah banyak. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin agar khasiatnya benar-benar dirasakan khususnya bagi kesehatan dan kecantikan.

Jika Anda tertarik membaca artikel kami yang lain, jangan lupa untuk mengunjungi website kami ya, globalnava.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.