Minuman asal daun Senna ini merupakan salah satu jenis teh yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh khususnya menjaga kelancaran sistem pencernaan. Namun dalam mengonsumsinya, penting bagi Anda memperhatikan bagaimana cara meminum teh Jati Cina dan juga larangannya.

Dosis dan Aturan Minum Teh Jati Cina

Untuk menjaga kesehatan dan membantu menurunkan berat badan agar lebih ideal, Anda bisa mencoba mengonsumsi teh Jati Cina sebanyak dua kali sehari. Namun jika baru pertama kali meminumnya, cukup konsumsi satu kali dengan dosis kecil.

Selanjutnya jangan mengonsumsi teh Jati Cina lebih dari dua minggu berturut-turut karena akan menyebabkan kram perut. Tambahkan air dalam jumlah banyak untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Mengingat bahwa konsumsinya pun juga masih memiliki efek samping.

Aturan minum teh Jati Cina berdasarkan aturan Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat. Anak di bawah 12 tahun sekitar ½ sendok per hari, anak di atas 12 tahun dan orang dewasa sebanyak 1 sendok per hati serta wanita pasca melahirkan sekitar 2 sendok makan.

Sebelum lanjut baca artikelnya, alangkah baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang manfaat Teh Jati Cina agar Anda semakin yakin untuk mengonsumsinya.

Cara Mengonsumsi atau Meminum Teh Jati Cina

Cara Meminum Teh Jati Cina
lazada.co.id

Daun Jati Cina ini memiliki kandungan pencahar berupa glikosida antrakinon sehingga mampu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencoba mengonsumsi minuman teh dengan campuran madu.

• Siapkan teh jati cina, madu dan air panas
• Rendam daun Jati Cina dengan air panas
• Tunggu hingga air rendaman berubah menjadi kecoklatan
• Jangan diaduk selama beberapa waktu
• Campurkan madu ke dalam seduhan teh Jati Cina
• Saring agar tidak ada sisa daun di dalam seduhan
• Minum saat seduhan masih dalam kondisi hangat

Larangan dalam Meminum Teh Jati Cina

Teh Jati Cina sebenarnya sudah terkenal memiliki banyak manfaat. Namun dalam konsumsinya, ada beberapa larangan yang perlu Anda perhatikan. Hal ini karena efek samping dari minuman tersebut memang ada sehingga lebih baik menghindarinya.

1. Tidak Mengonsumsi Saat Sakit Kepala

Cara Meminum Teh Jati Cina
id.pinterest.com

Teh Jati Cina memang bagus untuk masalah pencernaan, namun jangan mengonsumsinya ketika Anda sedang merasakan pusing. Pasalnya kandungan kafein di dalam minuman tersebut bisa saja memperparah kondisi tersebut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh Jati Cina memang menyebabkan sakit kepala ringan hingga berat. Jadi Anda bisa mengurangi dosis konsumsi agar tidak memperparah kondisi tersebut.

2. Tidak Mengonsumsi Sebelum Tidur

Seperti halnya jenis teh pada umumnya, teh Jati Cina juga memiliki kandungan kafein sehingga membuat seseorang akan terjaga terutama jika mengonsumsinya waktu malam hari. Untuk itu, hindari meminumnya sebelum peri tidur.

Pasalnya kandungan kafein di dalam teh Jati Cina mampu merangsang sistem saraf sehingga meningkatkan kemungkinan seseorang terkena insomnia. Senyawa tersebut akan menghambat bahan kimia penginduksi tidur dan juga mempercepat produksi adrenalin.

3. Tidak Mengonsumsi dalam Jumlah Banyak

Perlu Anda perhatikan bahwa ada aturan minum minuman teh Jati Cina berdasarkan rentang umur dari peminumnya. Hal ini penting orang-orang terapkan agar tidak mengonsumsi terlalu banyak karena bisa menyebabkan defisiensi zat besi.

Sebuah penelitian menyebut bahwa konsumsi teh Jati Cina akan menyebabkan anemia karena penyerapan zat besi akan berkurang. Hal ini karena adanya kandungan tannin dan polifenol yang bisa menghalangi proses pengikatan senyawa tersebut.

Penting untuk memperhatikan bagaimana cara meminum teh Jati Cina demi menghindari berbagai efek samping yang ada. Setidaknya Anda harus mengetahui batas konsumsi berdasarkan rentang umur agar tidak mengonsumsi berlebihan.

Jika Anda tertarik untuk menjual produk Teh Jati Cina, jangan sungkan untuk berkonsultasi bersama navaindustri.com ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.