Sebagian orang mungkin belum mengetahui jika serat mempunyai peranan penting dalam tubuh. Bahkan, akibat kurang serat, tubuh akan mengalami berbagai masalah yang tentunya dapat merugikan diri sendiri. Begitu sebaliknya, serat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Akibat Kurang Serat Beserta Beserta Penjelasannya

Sesuai penjelasan sebelumnya jika tubuh yang kekurangan serat akan mengalami berbagai permasalahan kesehatan. Lalu, apa saja masalah-masalah tersebut? Berikut ini penjelasannya untuk meningkatkan kesadaran pentingnya mengkonsumsi makanan berserat. 

1. Sembelit

Bukan menjadi hal yang asing lagi jika tubuh kekurangan serat akan terhambat sistem pencernaannya. Tentunya sistem pencernaan yang mengalami permasalahan akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Dampak dari permasalahan pada sistem pencernaan yaitu sembelit atau susah buang air besar. Mengingat jika tubuh tidak mengkonsumsi makanan berserat dengan jumlah yang cukup, maka feses akan menjadi kering dan keras. 

2. Gula Darah Tidak Terkontrol

Dampak lain jika tubuh tidak mendapatkan asupan serat yang cukup yaitu gula darah tidak dapat terkontrol alias tidak stabil. Terutama bagi orang yang mengidap penyakit diabetes, jika gula darah tidak dapat terkontrol dapat menyebabkan komplikasi.

Selain itu, tubuh yang kekurangan serat juga bisa menyebabkan sistem ketahanan tubuh tidak dapat mengontrol. Inilah kenapa penting untuk memastikan agar asupan serat dalam tubuh selalu tercukupi dengan tepat. 

3. Berat Badan Naik Drastis

Berat badan naik drastis juga menjadi salah satu akibat kurang serat. Mengingat jika tubuh kekurangan serat, maka akan lebih mudah lapar. Jadi, keinginan untuk makan terus menerus tidak dapat terkontrol.

Dengan kata lain, salah satu faktor yang dapat menyebabkan seseorang cepat kenyang yaitu kandungan serat. Inilah kenapa sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Perlukan Mengkonsumsi Suplemen Serat?

Akibat Kurang Serat

Mendapatkan serat tidak hanya berasal berbagai jenis makanan seperti sayuran ataupun buah-buahan. Namun, bisa juga mendapatkannya dari suplemen serat yang saat ini sudah banyak di berbagai toko obat. 

Banyak juga orang yang lebih memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen serat daripada dengan mengkonsumsi sayuran. Tidak masalah mengkonsumsinya, karena belum ada penelitian yang menyatakan jika suplemen tersebut berbahaya.

Justru suplemen sudah banyak yang membuktikan jika dapat melancarkan pencernaan dan mengontrol kadar kolesterol. Namun, alangkah baiknya jika juga mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Baca juga :

Sayur yang Mengandung Serat

Manfaat dan Kandungan Fiber Drink Navacol

Suplemen serat saat ini banyak tersedia di apotek maupun toko. Bahkan, suplemen bisa berupa bubuk hingga kapsul. Nah, salah satu suplemen bubuk seperti Navacol bisa menjadi pilihannya, karena banyak manfaatnya. 

Berbagai manfaat tersebut tentunya tidak terlepas dari kandungan yang terdapat di dalamnya. Beberapa kandungannya seperti kolagen, vitamin C, vitamin B, L-glutathione, extract blackcurrant, birdnest dan Stevia. Sedangkan beberapa manfaat dari fiber drink Navacol, seperti berikut ini.

Itulah penjelasan mengenai akibat kurang serat yang berdampak pada kerugian atau buruknya kesehatan tubuh. Jika memang tidak bisa mengkonsumsi sayuran secara rutin, bisa juga mengimbanginya dengan mengkonsumsi fiber drink Navacol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.