Setiap orang tentu menyukai minum kopi. Akan tetapi, tidak jarang kebanyakan dari mereka mengonsumsinya secara berlebihan. Tentu saja hal tersebut bisa menyebabkan timbulnya efek meminum kopi. Oleh sebab itu, pastikan mengonsumsinya dengan jumlah yang tepat.

Efek Meminum Kopi Berlebihan

Efek Meminum Kopi
thegreyconcept.tumblr.com

Apabila Anda ingin mengonsumsi kopi, maka setidaknya cukup dengan 2-3 cangkir setiap hari. Dengan begitu, meminum kopi bagi orang dewasa pun tidak akan merugikan kesehatan. Ketika seseorang mengonsumsinya secara berlebihan, maka bisa saja menyebabkan beberapa efek samping di bawah ini:

Menjadi Insomnia

Tahukah Anda, bahwa kandungan kafein di dalam bubuk kopi dapat menjadikan seseorang tetap terjaga. Sayangnya, apabila mengonsumsinya dengan jumlah berlebihan dapat mengurangi waktu tidur seseorang. Bisa juga menjadikan tubuh tidak dapat tidur dengan nyenyak.

Oleh sebab itu, jangan sampai Anda mengonsumsinya berlebihan karena bisa memicu insomnia. Tentu saja apabila besok memiliki waktu bekerja tentu dapat menjadikan jadwal pekerjaan berantakan. Untuk itu, pastikan mengonsumsi dengan jumlah sewajarnya saja.

Mempercepat Denyut Jantung

Tanpa orang sadari, jika terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat menyebabkan jantung berdetak dengan lebih cepat. Tidak heran apabila nantinya irama detak jantung lebih mudah berubah. Hal ini umumnya dikenal dengan istilah fibrilasi atrium.

Ketika Anda mengalami hal tersebut terutama setelah mengonsumsi kopi, maka ada baiknya untuk segera mengurangi asupan kopi. Tentu saja, hal ini bisa membahayakan kesehatan tubuh terlebih apabila terjadi secara terus-menerus.

Sering Buang Air Kecil

Efek lainnya yang bisa saja terjadi adalah menyebabkan meningkatnya frekuensi buang air kecil. Hal ini termasuk efek samping paling umum pada seseorang saat mengonsumsinya secara berlebihan. Terlebih, kopi mengandung kafein dengan sifat diuretik.

Adanya sifat tersebut dapat merangsang pembuangan urine lebih cepat sehingga Anda akan sering buang air kecil. Tidak heran jika seseorang lebih sering menuju toilet apabila mereka sudah mengonsumsi kopi. Untuk itu, ada baiknya mengurangi konsumsinya.

Menyebabkan Perasaan Cemas

Selain beberapa hal di atas, berlebihan dalam mengonsumsi kopi juga dapat menyebabkan perasaan seseorang menjadi cemas. Hal ini tidak lain karena adanya kandungan kafein di dalamnya. Kandungan tersebut bahkan dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan karena terdapat efek stimulan.

Tidak hanya itu saja, efek samping tersebut juga dapat menjadikan seseorang menjadi gelisah. Efek ini sendiri bahkan dapat memicu serangan panik dan bisa saja menyebabkan kambuhnya gejala gangguan cemas. Oleh karena itu, konsumsi dalam jumlah yang tepat.

Baca juga : Manfaat Kopi

Siapa Saja Orang yang Harus Menghindari Kopi?

Efek Meminum Kopi
id.pinterest.com

Sebelum mengonsumsi kopi, maka sangat penting bagi Anda untuk memahami dahulu siapa saja yang perlu menghindarinya. Dengan begitu, tidak akan ada masalah ataupun efek samping. Agar lebih jelas, maka simak beberapa orang perlu menghindari kopi tersebut di bawah ini:

Penderita Iritasi Usus Besar

Perlu Anda pahami, bahwa kandungan kafein dapat meningkatkan keteraturan usus. Termasuk pula meningkatkan kemungkinan besar terutama pada penderita iritasi usus besar. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menghindari kopi terlebih dahulu.

Tidak hanya itu saja, sangat penting juga untuk membatasi ataupun menghindari jenis minuman lainnya yang mengandung kafein. Hal ini agar nantinya penyakit tersebut lebih mudah untuk sembuh. Apabila sudah sembuh, maka tidak ada salahnya mengonsumsi kopi sesekali.

Wanita Hamil dan Menyusui

Sangat penting bagi wanita hamil dan menyusui untuk membatasi konsumsi kafein. Setidaknya sekitar 2 cangkir kopi setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko keguguran, berat lahir bayi rendah, hingga persalinan prematur.

Tidak hanya itu saja, kafein juga bersifat stimulan dan diuretik sehingga dapat memicu resiko ibu menyusui mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari konsumsi kafein sebanyak mungkin selama masa hamil hingga menyusui.

Pengidap Sakit Jantung Bawaan

Orang lain yang perlu menghindari konsumsi kopi adalah pengidap penyakit jantung bawaan. Salah satunya seperti aritmia. Hal ini tidak lain karena kopi dapat menyebabkan adanya peningkatan sementara di detak jantung dan tekanan darah.

Oleh sebab itu, apabila ingin mengonsumsinya usahakan untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya apakah diperbolehkan. Akan tetapi, tentu lebih baik untuk menghindarinya terlebih dahulu.

Orang yang Diare

Beberapa orang mengonsumsi kopi di pagi hari. Akan tetapi, hal tersebut ada baiknya Anda hindari. Terutama apabila sedang mengalami diare. Tentu saja, hal ini bisa menyebabkan masalah lainnya sehingga justru akan memperparah keadaan.

Selama masih menderita diare, ada baiknya untuk menghindari konsumsi kopi berkafein terlebih dahulu. Baik itu dengan menggunakan air panas sekalipun. Hal ini agar nantinya sakit diare tersebut dapat segera sembuh dan terhindar dari masalah lainnya.

Itu tadi penjelasan tentang berbagai efek meminum kopi berlebihan yang perlu Anda ketahui. Minuman kopi memang dapat memberikan banyak manfaat, seperti menghilangkan rasa kantuk serta meningkatkan konsentrasi seseorang. Akan tetapi, pastikan tidak berlebihan mengonsumsinya.

Simak artikel kami yang lain di website globalnava.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.