Manfaat susu kedelai kian hari kian ramai diperbincangkan. Tidak hanya bagi mereka yang menganut gaya hidup vegetarian, namun juga mereka yang mengonsumsi susu kedelai pada umumnya.

Rasa dari susu kedelai tak kalah enak dari susu lainnya. Begitu pula dengan berbagai manfaat susu kedelai terhadap tubuh kita.

Susu kedelai atau biasanya juga disebut dengan nama sari kedelai ialah sebuah minuman susu dari olahan bahan nabati yaitu biji kedelai.

Mengapa dikatakan sebagai susu? Karena tampilan minuman ini yang memiliki warna putih sedikit kekuningan bagitu mirip dengan susu. Maka dari itu disebut susu kedelai.

Seperti yang kita tahu bahwa kedelai adalah bahan utama pembuatan tahu dan tempe. Kandungan nutrisi pada kedelai juga bagus, jadi bisa sebagai minuman pengganti susu.

Apa Saja Kandungan Nutrisi Pada Susu Kedelai?

Untuk mengetahui berbagai manfaat susu kedelai maka kita perlu mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Berdasarkan penjabaran yang tertulis di Jornal of Food Science and Technology, menjelaskan bahwa kandungan nutrisi pada susu kedelai cukup tinggi. Walaupun jika kita bandingkan dengan susu sapi akan tetap susu sapi unggul dalam nilai gizinya.

Mengapa demikian? Karena pada susu sapi ada beberapa kandungan yang jumlahnya lebih banyak. Seperti kandungan karbohidrat, lemak serta protein dalam susu sapi lebih banyak.

Susu kedelai kerap digunakan sebagai alternative bagi mereka yang mengalami alergi terhadap kandungan laktosa yang ada pada susu sapi. Selain itu juga pada susu kedelai mengandung asam amino dari protein yang hampir setara dengan susu sapi.

Pada satu sajian susu kedelai sebanyak 100 gram, mengandung gizi berikut ini berdasarkan situs Hellosehat.

1. Energi 41 Kkal
2. Karoten Total 200 mikrogram
3. Air 87 Gram
4. Protein 3.5 Gram
5. Lemak 2.5 Gram
6. Serat Pangan 0.2 Gram
7. Karbohidrat 5 Gram
8. Fosfor 45 mg
9. Kalsium 50 mg
10. Zat Besi 0.7 mg
11. Kalium 287.9 mg
12. Natrium 128 mg
13. Tembaga 0.12 mg
14. Zink 1 mg
15. Vitamin B1 0.08 mg
16. Vitamin B2 / Riboflavin 0.05 mg
17. Niasin 0.7 mg
18. Vitamin C 2 mg

Beberapa Manfaat Susu Kedelai

Manfaat Susu Kedelai
id.pinterest.com

Setelah mengetahui begitu banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam susu kedelai, seperti yang telah terpapar di atas. Kini Anda perlu tahu, apa saja manfaat susu kedelai.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan tentu sangat membantu menjaga kondisi tubuh dan kesehatan. Berikut ialah manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi susu kedelai.

1. Mendukung Proses Pertumbuhan

Khususnya pada anak-anak, kandungan protein susu kedelai mulai dicerna menambah nutrisi tubuh.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat susu kedelai selanjutnya ialah mencegah berbagai penyakit termasuk kolesterol. Karena dalam susu kedelai mengandung isoflavon dan asam amino yang berfungsi menurunkan kolesterol juga terhindar dari penyakit kardiovaskuler.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai cocok sebagai salah satu menu diet. Asupan kaya protein bisa menurunkan berat badan sehingga tidak obesitas. Manfaat susu kedelai untuk diet ialah agar kita tidak lemas walaupun sedang diet.

4. Mencegah Risiko Kanker Usus

Pada kedelai terdapat kandungan butyrate, yang merupakan bakteri baik. Fungsi bakteri ini adalah sebagai anti inflamasi. Sehingga dapat membantu proses pengobatan berbagai gangguan penyakit pada usus kita.

5. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Karena susu kedelai kaya akan kandungan serat pangan. Serat pangan ini membantu melancarkan perncernaan kita, sehingga mencegah terjadinya sembelit.

6. Mengurangi Gejala Post-menopause

Manfaat susu kedelai untuk wanita yang telah mengalami menopause adalah kandugan isoflavon sebagai penjaga kadar esterogen sehingga daya tahan tubuh terjaga.

Apa Resiko Mengonsumsi Susu Kedelai

Manfaat Susu Kedelai
id.pinterest.com

Walaupun memiliki begitu banyak kandungan nutrisi dan manfaat susu kedelai bagi tubuh kita, sebaiknya kita tetap haru mengonsumsi dengan sewajarnya.

Memang tidak ada aturan paten mengenai aturan minum susu kedelai sebagaimana meminum obat. Kita bisa ikuti anjuran konsumsi tahu, di mana dalam sehari adalah kurang lebih 10 gram.

10 gram tahu setara dengan susu kedelai sebanyak 500 gram. Bisa kita artikan dengan mengonsumsi susu kedelai dua kali sehari dengan sajian dua gelas.

Tidak semua orang bisa mengonsumsi susu kedelai, ada beberapa efek samping susu kedelai bagi mereka yang alergi terhadapnya.

Beberapa gejala alergi susu kedelai meliputi:

1. Mual
2. Sakit perut
3. Muntah
4. Diare
5. Mulut Gatal
6. Pilek
7. Sesak nafas
8. Hingga ruam kulit atau gatal-gatal bahkan bengkak

Itulah beberapa informasi mengenai apa saja nutrisi dan manfaat susu kedelai. Jika Anda tertarik dengan produk susu kedelai, maka bisa Anda kunjungi website Globalnava.com untuk mendapatkan informasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.