Ada beberapa manfaat susu kedelai buat ibu hamil yang yang mengonsumsinya dengan rutin. Susu kedelai yang memang bahan dasarnya adala kedelai, di mana kedelai ialah sumber protein nabati alami yang terbaik.

Kedelai sendiri memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik jika dikonsumsi orang awam maupun ibu hamil. Meskipun dalam beberapa literatur terdapat penjelasan bahwa penggunaan susu kedelai ini perlu batasan.

Hal tersebut karena pada susu kedelai terdapat kandungan isoflavon yang mana bisa menyerupai esterogen.

Banyak ibu hamil yang menanyakan mulai umur berapa bulan ibu hamil boleh minum susu kedelai. Sebenarnya boleh-boleh saja meminum susu kedelai sejak hamil muda. Namun dengan porsi yang secukupnya. Akan lebih baik lagi jika telah melakukan konsultasi kepada dokter kandungan Anda.

Manfaat Susu Kedelai Buat Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Susu Kedelai Buat Ibu Hamil
id.pinterest.com

Sudah tidak bisa kita ragukan lagi bergizinya kacang kedelai. Pada umumnya kita mengonsumsi kedelai berupa tempe atau tahu serta yang tak kalah populer olahan kedelai adalah susu kedelai atau sari kedelai.

Susu kedelai memiliki banyak sekali manfaatnya, terutama bagi ibu hamil. Inilah beberapa manfaat susu kedelai buat ibu hamil.

1. Sebagai Sumber Protein Nabati

Bagi para ibu hamil membutuhkan asupan protein yang harus tercukupi, setidaknya adalah 60 gram asupan protein.

Melalui susu kedelai ini dapat membantu memenuhi kebutuhan protein ibu hamil. Apalagi susu kedelai berasal dari kacang kedelai yang merupakan sumber protein nabati.

2. Membantu Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada kedelai dapat membantu pembentukan sel darah merah bagi ibu hamil.

3. Membantu Memperkuat Jaringan Tulang dan Gigi Janin

Manfaat susu kedelai buat ibu hamil dan janin selanjutnya yaitu bisa memperkuat jaringan tulang serta gigi janin. Sebab pada susu kedelai terdapat kandungan kalsium dan juga vit D.

Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang juga gigi, baik untuk janin maupun ibu hamil.

4. Membantu Proses Tumbuh Kembang Organ Tubuh Janin

Kebutuhan protein yang tercukupi akan membantu proses tumbuh kembang organ maupun jaringan tubuh janin. Seperti yang telah kita tahu, kedelai ialah sumber asupan protein yang baik.

5. Membantu Perkembangan Sistem Syaraf Pada Janin

Selama masa kehamilan, ibu hamil perlu juga mencukupi kebutuhan vitamin B12 dan folat yang berguna dalam tumbuh kembang otak dan saraf janin. Nutrisi ini bisa Anda dapatkan di susu kedelai.

6. Membantu Mencukupi Vitamin yang Ibu dan Janin Butuhkan

Ada beberapa kandungan vitamin yang bisa ibu hamil peroleh di susu kedelai, antara lain vitamin B12, vitamin A dan vitamin C.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi artikel kami yang lain, yang membahas tentang manfaat susu kedelai.

Efek Samping Mengonsumsi Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

Manfaat Susu Kedelai Buat Ibu Hamil
id.pinterest.com

Beberapa efek samping susu kedelai jika dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil antara lain:

1. Mengurangi Kolesterol Baik yang Ibu Hamil Butuhkan

Karena susu kedelai menurunkan kadar kolesterol baik maka menghambat pembentukan hormon progesterone serta esterogen dan juga vitamin D.

2. Penyerapan Mineral oleh Janin Terganggu

Asam fitat pada susu kedelai dapat menghambat penyerapan mineral bagi janin.

3. Adanya Risiko Gangguan Pada Janin di Sistem Reproduksinya

Terdapat kandungan isoflavon yang disebut juga sebagai fotoestrogen karena mampu menyerupai struktur kimia hormone estrogen.

Efeknya pada janin laki-laki aka nada kelainan di organ vitalnya. Sedangkan pada janin perempuan, kelak akan mengalami pubertas dini.

Namun berbagai efek samping di atas masih terus diteliti lebih jauh lagi.

Rekomendasi Jumlah Konsumsi Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

Setelah mengetahui berbagai efek samping dan manfaat susu kedelai buat ibu hamil, pasti Anda juga ingin tahu berapakah jumlah konsumsi susu kedelai yang direkomendasikan bagi ibu hamil?

Mengonsumsi makanan apapun jika tidak berlebih maka akan bagus, tak terkecuali mengonsumsi susu kedelai. Ada berbagai mitos ibu hamil minum susu kedelai.

Ibu hamil pada dasarnya aman-aman saja mengkonsumsi susu kedelai, namun Anda harus memperhatikan jumlah porsinya.

Ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi susu kedelai dengan jumlah 1 sampai 2 gelas per harinya. Porsi ini sudah cukup untuk mendapatkan manfaat susu kedelai buat ibu hamil.

Aturan minum susu kedelai untuk ibu hamil ini berlaku bagi ibu hamil yang kondisinya sehat, baik sang ibu maupun sang janin. Serta dapat dikonsumsi setiap hari sebagai salah satu menu harian.

Namun, jika ibu hamil memiliki riwayat suatu penyakit tertentu, contohnya penyakit kanker payudara atau penyakit tiroid.

Maka sebaiknya perlu membatasi jumlah konsumsi bahwa tidak mengonsumsinya sama sekali. Jika Anda ingin lebih yakin, maka berkonsultasilah dengan dokter kandungan Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat susu kedelai buat ibu hamil lebih maksimal, maka bisa Anda konsumsi produk susu kedelai yang kandungannya kaya akan kalsium dan juga vit D.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat susu kedelai buat ibu hamil hingga efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda tertarik untuk membaca artikel kami yang lain, silahkan kunjungi website globalnava.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.