Manfaat susu kedelai untuk anak menjadi pembahasan yang penting baji para orang tua yang memiliki anak-anak. Sebagai orang tua tentu kita ingin memberikan asupan makanan yang begizi dan aman untuk anak.

Susu sapi sering kali menjadi asupan tambahan yang diberikan kepada anak. Walaupun pada kenyataannya tidak semua anak-anak mampu menerima susu sapi. Ada beberapa anak yang tidak cocok.

Hal tersebut karena beberapa anak memiliki intoleransi atau alergi terhadap kandungan laktosa pada susu sapi. Sehingga ada beberapa orang tua yang mengakali hal itu dengan beralih pada susu kedelai sebagai alternatif.

Namun perlu diingat bahwa pemberian makanan tambahan seperti ini bisa dilakukan jika sudah berusia lebih dari 1 tahun atau anak 2 tahun minum susu kedelai sudah boleh.

Susu Kedelai Sebagai Alternatif bagi Anak-Anak Intoleransi Laktosa Pada Susu Sapi

Manfaat Susu Kedelai untuk Anak
thesweetmolcajete.com by id.pinterest.com

Tidak dapat dipungkiri memang susu sapi sering dijadikan pilihan utama sebagai penambah asupan gizi pada anak. Namun masalahnya terjadi pada anak-anak yang tidak bisa menerima kandungan laktosa pada susu sapi.

Sehingga susu kedelai menjadi pilihan lainnya untuk dijadikan alternatif. Karena pada susu kedelai tidak terdapat kandungan laktosa. Selain itu manfaat susu kedelai untuk anak tidak kalah dengan susu sapi.

Umumnya pada anak yang mengalami intoleransi terhadap laktosa, tubuhnya tidak dapat memproduksi laktase secara cukup. Di mana laktase inilah yang akan berfungsi memproses laktosa yang ada dalam susu sapi.

Baca juga : Manfaat Susu Kedelai

Kandungan Pada Susu Kedelai

Sebagai asupan alternative dari susu sapi tentu kita harus tahu apa saja kandungan yang di dalamnya. Dengan demikian maka kita bisa yakin mengenai manfaat susu kedelai untuk anak.

Pada dasarnya komposisinya yang ada dalam susu kedelai maupun pada susu sapi cukup mirip atau sama. Terdiri atas 3,5 % adalah protein, kemudian 2,9 % lainnya adalah karbohidrat dan 2 % lagi adalah kandungan lemak. Sedangkan sisanya terdiri dari berbagai macam nutrisi.

Lebih lengkapnya, berikut ini adalah kandungan yang ada di dalam susu kedelai dengan sajian 100 gram.

1. Energi 41 Kkal
2. Karoten Total 200 mikrogram
3. Air 87 Gram
4. Protein 3.5 Gram
5. Lemak 2.5 Gram
6. Serat Pangan 0.2 Gram
7. Karbohidrat 5 Gram
8. Vitamin B1 0.08 mg
9. Vitamin B2 / Riboflavin 0.05 mg
10. Niasin 0.7 mg
11. Vitamin C 2 mg
12. Fosfor 45 mg
13. Kalsium 50 mg
14. Zat Besi 0.7 mg
15. Kalium 287.9 mg
16. Natrium 128 mg
17. Tembaga 0.12 mg
18. Zink 1 mg

Selain kandungan yang telah disebutkan di atas, susu kedelai sebagai produk nabati juga mengandung fitoestrogen dan antioksidan yang baik serta senyawa lainnya yang sejenis.

Manfaat Susu Kedelai untuk Anak

Manfaat Susu Kedelai untuk Anak
freepik.es

Pemberian asupan susu kedelai dan manfaat susu kedelai untuk anak 1 tahun keatas. Susu kedelai yang terbuat dari kacang kedelai lebih bisa diterima oleh anak yang memiliki alergi pada susu sapi murni. Karena susu kedelai bebas kandungan laktosa.

Selain itu, susu kedelai memiliki berbagai manfaat baik bagi anak. Beberapa manfaat susu kedelai untuk anak dapat Anda simak di bawah ini:

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernaan kerap terjadi pada anak yang intoleran pada susu sapi murni. Maka dengan mengonsumsi susu kedelai, di dalamnya terdapat serat pangan yang baik bagi pencernaan dan mencegah anak mengalami sembelit.

2. Membantu Pertumbuhan Sang Anak

Berbagai gizi yang membantu pertumbuhan bagi anak terdapat pada susu kedelai yang juga mudah diserap oleh anak. Seperti kalsium, protein, formulai isolate kedelai yang di dalamnya juga terkandung lemak nabati.

Baca juga : Manfaat Susu Kedelai Buat Ibu Hamil

3. Mencegah Anemia

Pada usia anak-anak, umumnya mereka cukup sulit mengonsumsi sayuran. Sedangkan pada usia tersebut mereka sangat membutuhkan zat besi yang cukup.
Maka di sinilah manfaat susu kedelai untuk anak 3 tahun atau 1 tahun ke atas dalam mencukupi asuran zat besi. Pada kedelai terdapat formula isolate kedelai yang terdapat kandungan zat besi dan bisa mencegah terjadinya anemia.

4. Membantu Memperkuat Pertumbuhan Tulang

Manfaat susu kedelai pada anak juga membantu memperkuat pertumbuhan tulang. Karena di dalam susu kedelai terdapat vitamin D serta kalsium.
Sehingga pertumbuhan tulang bisa berkembang dengan baik. Sang anak juga akan terhindar dari berbagai penyakit tulang.

5. Membantu Mendukung Perkembangan Otak Sang Anak

Perkembangan otak anak sangat penting apalagi di usia pertumbuhan. Dengan mengonsumsi susu kedelai, perkembangan otak dapat terbantu dengan adanya kandungan omega3 dan 6 pada susu kedelai.

Setelah mengetahui seputar susu kedelai beserta manfaat susu kedelai untuk anak, jika Anda tertarik dengan produk susu kedelai maka bisa Anda dapatkan informasi lain hanya di web globalnava.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.